Jumat, 24 Oktober 2014

Dampak Positif dan Negatif Sosial Media



Sosial media atau yang dikenal dengan singkatan Socmed, dewasa ini memang menjadi topik utama setiap perbincangan. Saat ini, Media sosial seperti Twitter, Facebook dan lain-lain sangat mudah diakses dengan Smartphone. Perkembangan situs jejaring sosial yang pesat tentu mempunyai dampak positif dan negatif. Oleh karena itu, penting untuk kita memilah dan memilih mana yang baik dan tidak bagi kita dan menggunakan situs-situs tersebut untuk keperluan yang bersifat positif. Melalui media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya yang sekarang mudah sekali diakses dengan smartphone, sebuah komunikasi dengan mudah bisa dijalankan. Lepas dari dampak positif dari pesatnya perkembangan jejaring sosial, perlu juga diketahui dampak negatifnya.

Adapun dampak positif dari sosial media adalah :

  •  Memberi kemudahan dalam mencari informasi sesuai yang dibutuhkan 
  • Memudahkan kita untuk mendapatkan teman baru
  •  Dapat memotivasi kita dalam belajar

Sedangkan dampak negatif dari sosial media adalah : 

  • Tidak terkontrolnya informasi yang didapat sehingga banyak informasi yang bersifat negatif
  •  Membuang waktu, karena banyak dari pengguna sosial media menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengakses sosial media seperti facebook, twitter, instagram dll
  •  Kurangnya komunikasi atau interaksi di dunia nyata karena terlalu fokus di dunia maya
  • Sopan santun dan etika dalam berbahasa tidak memiliki aturan dalam jejaring sosial sehingga dapat mempengaruhi sopan santun dan etika seseorang dalam kesehariannya.

Karena sosial media tidak hanya memiliki dampak positif tetapi juga memiliki dampak negatif sebagai pengguna sebaiknya kita bisa  mengatur waktu dan mengontrol informasi yang kita dapatkan sehingga tidak mengganggu aktivitas dan etika kita dalam berinteraksi di dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar