Kamis, 11 April 2013

resume kelompok 1


Pada postingan kali ini, saya ingin membahas mengenai tanggapan saya kepada kelompok 1 yang anggotanya :
1.       Abi Ihsan
2.       Fatimah Zahrah
3.       Singgih Mulyani
4.       Diky Pras
5.       Budi Karyadi
6.       Masagus
7.       Riana Maidiansari

Dengan makalah yang berjudul “Penentuan Harga / Permintaan dan Penawaran”

Dalam hukum permintaan (penemunya : Alfred Marshall) yang berbunyi : semakin tinggi harga barang, maka permintaan jumlah barang semakin rendah dan semakin rendah harga barang maka semakin tinggi permintaan jumlah barang.
Dari hukum permintaan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa harga barang berbanding terbalik dengan permintaan barang.
Sebagai contoh studi kasus, kelompok 1 mengambil contoh mengenai kenaikan harga bawang yang saat ini terjadi di negara kita ini.
Naiknya harga bawang membuat kesepakatan antara produsen dan konsumen pada harga pasar itu tidak ada, padahal sudah kita ketahui harga pasar terjadi karena transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli untuk mencapai sebuah kesepakatan.
Seperti yang telah dibahas pada presentasi kelompok 1, sebenarnya peran Departemen Pertanian  dalam penentuan harga sangatlah penting, karena harga dari para tengkulak sangat tidak pantas jika melihat kerja keras para petani.
Kita juga melihat berbagai pemberitaan di media-media, menyebutkan bahwa bawang yang sulit itu sebenarnya ada, hanya saja tidak dikeluarkan oleh Pemerintah, hal itulah yang membuat para konsumen khususnya ibu-ibu rumah tangga yang pada hakekatnya sangat membutuhkan bawang untuk keperluan rumah tangga tidak berminat untuk membeli bawang yang ada karena harganya yang melonjak naik itu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar