Selasa, 03 Januari 2012

Generasi Muda dan Masyarakat


 
Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang mendiami wilayah tertentu. Masyarakat terbentuk dari individu-individu yang mempunyai tujuan yang sama baik visi maupun misinya. Menciptakan ruang lingkup yang memungkinkan orang-orang untuk saling membantu, satu sama lainnya. Dalam masyarakat sendiri selalu ada kesenggangan sosial, tapi hasrat untuk saling membutuhkan selalu hidup di jati diri semua makhluk hidup.
Ilmu merupakan salah satu media bermasyarakat, kenapa demikian?. Dengan ilmu kita bisa mempertimbangkan baik buruknya sikap kita dalam bermasyarkat. 70 % dari setiap individu masing-masing terbentuk dari lingkungan bermasyrakat.

Bagaimana menjadi manusia sosial?, manusia sosial tidak terbentuk karna hidup sendiri, tapi karena terjun langsung ke masyarakat tersebut. Di mulai dari Taman kanak-kanak ( TK ) sampai perguruan tinggi tanpa disadari kita telah membentuk diri kita untuk menjadi manusia yang solidaritas terhadap masyarakat. Semakin tingginya tingkat pendidikan semakin dewasanya seseorang mengenal tentang masyarakat.

Pendidikan berperan penting dalam bermasyarakat. Seseorang yang bersekolah dengan yang tidak bersekolah sangat jauh berbeda. Sekolah mengajarkan kita bagaimana tingkat bersosialisasi, tanpa membedakan ras, kasta, dan sebagainya. Banyak pemimpin dari suatu masyarakat memiliki latar belakang dari dunia pendidikan. Karna ilmulah yang membedakan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar