Kamis, 15 Maret 2012

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar


Budaya, kata budaya mungkin tidak asing di telinga kita. Apalagi dengan tata cara, norma serta adat istiadat. Di indonesia sendiri hampir ratusan budaya yang melekat di jati diri negara kesatuan Republik Indonesia. Sampai-sampai ada semboyan Bhineka Tungal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua. Dari semboyan ini kita bisa melihat bahwa nenek moyang kita juga dulu sangat menjunjung tinggi perbedaan antara budaya yang satu dengan budaya yang lainnya.

Budaya mencerminkan jati diri suatu bangsa. Kenapa demikian, karena budaya menciptakan aspek-aspek kemanusiaan. Sikap saling membantu dan saling memahami. Dengan mempelajari ilmu tentang kebudayaan berarti kita bisa belajar tentang aturan-aturan atau norma-norma yang ada di dalam  masyarakat tertentu.

Ilmu Budaya Dasar merupakan ilmu yang mempelajari dasar-dasar atau nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan. Nilai-nilai tersebut baik berupa nilai jasmani maupun rohani. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar kita juga bisa memahami tentang  banyaknya pengaruh budaya dalam kehidupan sehari-hari. Budaya dapat terbentuk karena kebiasaan sebagai contoh budaya dalam memperingati pergantian tahun, hari besar islam, hari besar agama yang lainnya dsb.

Budaya merupakan sumber ilmu, karena dengan memahami budaya kita bisa memahami jati diri masyarakat yang berbeda. Dengan pemahaman ini kita bisa bersosialisasi dengan masyarakat yang berlainan. Karena budayalah, kita bisa mengetahui identitas suatu masyarakat.

Kebudayaan tidak akan pernah habis atau hilang, karena selalu ada dari suatu generasi ke generasi berikutnya. hal ini yang menunjukkan kalau kebudayaan itu selalu ada sampai kapanpun. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjaga kelestarian budaya bangsa kita, karna budaya mencerminkan kepribadian bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar