Rabu, 02 Mei 2012

cintaa





Manusia dan Cinta Kasih




Cinta merupakan sebuah perasaan suka kepada pribadi, perasaan yang ingin memiliki begitu dalam sehingga membuat orang yang sedang diliputi rasa cinta selalu ingin menjaga, merawat dan selalu ingin didekat yang dicintainya, seperti seorang lelaki yang mencintai seorang perempuan, ia akan menaruh perhatian lebih kepada sosok yang ia cintai itu, menjaga dan selalu ingin di dekat orang yang ia cintai tersebut.  Seperti yang dikatakan di kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka atau sayang, ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.
      Cinta merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, ini di karenakan tanpa cinta hidup seorang manusia akan hampa, ibarat sayur tanpa garam akan terasa hambar. Cinta lebih kepada perasaan yang sangat mendalam sedangkan kasih merupakan perasaan ingin memberi dan lebih nyata bentuknya.
           Manusia sangat membutuhkan cinta, karena ketiadaan cinta membuat seorang manusia menjadi gila, cinta yang positif akan membuat seseorang yang sakit menjadi sehat, yang sedih menjadi bahagia, menangis menjadi tertawa, duka menjadi suka. Namun perasaan cinta tersebut bisa membawa seseorang yang sedang jatuh cinta menuju jalan yang negatif bila ia tidak bisa memaknai cinta dengan sebenarnya maka yang akan terjadi adalah sosok yang begitu kuat bisa menjadi lemah tak berdaya.
            Cinta memiliki 3 tingkatan, yaitu        :
1.   Cinta kepada sang khalik
Yaitu perasaan cinta kepada sang pencipta, cinta kepada Allah dapat dilakukan dengan cara beribadah, selain itu perasaan cinta ini dapat diwujudkan dengan melakukan semua perintah dan meninggalkan semua larangan.
2.   Cinta kepada makhluk
Yaitu cinta kepada pribadi, misalnya seorang laki-laki mencintai perempuan hal ini bisa dilihat dari sikap dan perbuatannya, seseorang akan terus memuja dan memikirkan orang yang dicintainya, menjaga dan terus melindungi orang yang ia cintai.
3.   Cinta kepada harta benda
Perasaan cinta seperti ini bisa ditunjukkan seseorang yang takut kehilangan akan harta benda yang ia miliki.

Apapun bentuk cinta itu, hanya cinta kepada sang khalik sajalah yang patut kita perjuangkan dengan benar, karena bila cinta kepada-NYA sudah benar, maka kita akan bisa membawa cinta yang lainnya menuju jalan yang benar pula.

Semuanya akan indah pada waktunya.. :)
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar