Kamis, 03 Mei 2012

Manusia dan Keindahan


Indah merupakan sebuah kata sifat yang selalu dikaitkan dengan sesuatu yang selaras yang enak dilihat, enak dipandang dan menawan, sehingga orang yang melihatnya akan senang, hatinya akan merasa nyaman dan keindahan itu akan menentramkan jiwa bagi orang yang menikmatinya.


Manusia sangat menyukai keindahan, dalam kehidupan keseharian seseorang selalu membersihkan diri, merias diri, membersihkan rumah, dan lain sebagainya itu merupakan bukti bahwa tiap orang menyukai keindahan.


Keindahan merupakan sesuatu yang alamiah, ini dikarenakan keindahan merupakan sesuatu yang diciptaankan Tuhan. Alamiah disini berarti keindahan bukanlah sebuah hal yang berlebihan, dalam keindahan kita temui sebuah keselarasan dan keseimbangan. Bila terdapat sesuatu yang tidak enak dipandang, kekacauan dan sesuatu.


Seni merupakan sesuatu yang selalu dikaitkan dengan keindahan, karena seni selalu menghasilkan sesuatu yang membuat seseorang menjadi senang, misalnya seni lukis.  Seseorang yang melihat sebuah lukisan, misalnya lukisan pemandangan yang selaras dan bagus akan menghasilkan sebuah karya seni yang menarik dan bisa saja memiliki nilai jual yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar